Kamis, 05 Januari 2012

SEGMENTASI DEMOGRAFIS


Segmentasi demografis melibatkan pembagian pasar berdasarkan variable – variable demografis seperti usia, seks, ukuran keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras dan kebangsaan. Bersandarnya para pemasar terhadap karakteristik demografis ini karena mereka seringkali terikat erat dengan kebutuhan dan perilaku para konsumen.

Salah satu contoh kasus segmentasi demografis di Indonesia:

1. Pendekatan segmentasi demografis berdasarkan usia.
Honda mengeluarkan varian mobil baru yang sempat menjadi trend di Indonesia. ‘Honda Jazz’. Honda memasarkan produk ini secara gencar dengan menggunakan ikon grup music ‘RAN’ yang menjadi idola anak muda sebagai gambaran bahwa mobil ini di khususkan untuk para kalangan anak muda.



2. Pendekatan segmentasi demografis berdasarkan gender/ jenis kelamin/ seks
Yamaha memproduksi motor jenis skutik dengan menggunakan model para wanita dala iklan mereka. Hal ini menggambarkan bahwa motor skutik ini ditujukan untuk para kaum wanita.







3. Pendekatan segmentasi demografis berdasarkan ukuran keluarga.
Toyota meluncurkan produk terbaru mereka ‘New Kijang Innova’ yang mempunyai konsep family car dengan membidik konsumen dari kalangan kaum berkeluarga.







4. Pendekatan segmentasi demografis berdasarkan ukuran pekerjaan
Wacom meluncurkan varian produk baru mereka yang diberi nama ‘Intuos 4”. Dengan kemampuan yang canggih, sensitivitas yang
tinggi, serta haraga yang cukup mahal, Wacom membidik konsumen dari kalangan profesional desainer.





Refrensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar